Selasa, 15 Juni 2010

Brasil 2-1 Korea Utara

Brasil akhirnya menamatkan perlawanan Korea Utara, 2-1. Apa saja yang pantas dicatat dari pertandingan tersebut?
Oleh Agung Harsya
16 Jun 2010 03:30:00
Share
Buzz It
2010 FIFA World Cup - Brazil vs North Korea, Maicon (Getty Images)
Galeri Foto
Perbesar
2010 FIFA World Cup - Brazil vs North Korea, Maicon (Getty Images)
Hal-Hal Terkait
Tim

* Brasil
* Korea Utara

Apa lagi yang bisa dipuji dari pertandingan Grup G Piala Dunia 2010 selain semangat juang Korea Utara?

Penampilan Korea Utara seolah mampu mengatasi keunggulan kualitas yang dimiliki Brasil. Babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol menunjukkan kuatnya tekad tim Kuda Terbang di Piala Dunia ini. Penyerang Jong Tae Se tampil sendirian di lini depan, tapi tak kalah cerdik menghadapi duet pertahanan Brasil yang dikawal Lucio dan Juan.

Jong kerap tampil melebar untuk memberikan ruang kepada rekan-rekan setimnya. Buah kerja keras Korea Utara adalah gol balasan yang dilesakkan Ji Yun Nam pada menit ke-88 -- hasil assist Jong.

Brasil juga pantas dipuji karena menunjukkan kualitas mental pemenang. Berkat mental itulah Maicon akhirnya mampu meruntuhkan tembok pertahanan melalui tendangan tipuan dari sudut sempit. Setelahnya, Brasil kian nyaman mengendalikan pertandingan. Gol kedua mampu disarangkan Elano memanfaatkan visi Robinho

Kelemahan Brasil harus diwaspadai Carlos Dunga, terlebih karena para pemainnya kerap keteteran ketika harus menghadapi lawan yang tampil menekan. Pertahanan Brasil juga tertidur sehingga menyebabkan Ji mampu melesakkan gol balasan.

Apapun, persaingan sengit di Grup G takkan berhenti sampai di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar